4 Tips Agar Tidak Mudah Sakit Perut Di Bulan Puasa

Assalamu 'alaikum, kawan! Di pos ini, aku akan memberi 4 tips agar tidak mudah sakit perut di bulan puasa. Sakit perut yang saya maksud adalah cepat lapar atau mag kambuh. Hal tersebut terjadi karena siklus makan keseharian kita berubah di bulan puasa. Nah, disini aku memberi tips agar hal tersebut tidak terjadi, paling tidak berkurang. Ini dia.



1. Perlambat Sahur



Hal ini sesuai dengan Sunnah Rasulullah dan terbukti manjur padaku. Di tempatku, waktu subuh sekitar jam 05.00 WITA, dan aku makan mulai pukul 04.00 WITA. Sehingga jarak antara sahur dengan waktu subuh tidak begitu lama. Dulu aku sahur pukul 03.30 WITA dan setelah zuhur perutku mulai agak sakit, jadi jadwalnya kuubah.



2. Jangan Lupa Minum Obat Mag



Obat mag disini sebagai pencegah dari mag kambuh. Jangan remehkan hal sederhana ini, penyakit mag memang berasal dari lambung, namun rasa sakitnya menjalar bahkan sampai ke kepala. Aku takut dikarenakan sakit kepala ini menjadi alasan untuk tidak beribadah.



3. Setelah Sahur, Jangan Langsung Tidur



Sesuai iklan di televisi, alangkah baiknya setelah sahur anda sikat gigi, dan pastikan benar-benar bersih. Jika benar-benar bersih, percayalah, kebersihan tersebut bertahan lama bahkan sampai ke waktu magrib. Napas anda akan tetap segar. Kemudian jangan langsung tidur, biarkan proses pencernaan berjalan. Maka rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Apalagi setelah sahur anda mandi, kemudian setelahnya anda bisa ikut salat subuh berjamaah.



4. Pilih Waktu Tidur yang Tepat



Karena setelah sahur anda tidak boleh langsung tidur, maka anda harus memindah jadwal tidur anda. Aku pribadi memilih setelah salat subuh berjamaah, tapi bukan tepat setelah salat, tetapi setelah kuliah subuh (masuk waktu syuruq bahkan sampai duha). Karena tidur tepat setelah salat subuh sangat dilarang, apapun alasannya.



Nah, demikianlah tips dari saya. Semoga bermanfaat ya. Wassalamu 'alaikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendapat Saya tentang Anime Kimi no Nawa

Hadiah WapBlog.ID di Usianya yang ke-6!

Selamat Ulang Tahun Maher Zain!