Pendapat Saya tentang Si Detektif Sudah Mati

Tanmoshi
Tanmoshi
Si Detektif Sudah Mati
探偵はもう、死んでいる。 Tantei wa Mō, Shinde Iru. La detective está muerta.

Sebuah novel ringan yang diadaptasi menjadi anime. Dapat ditonton secara gratis dan legal di YouTube Muse Indonesia. Berdasarkan penjelasan resmi, genre yang satu ini adalah Drama Misteri Rom-com.

Sebagai penyuka misteri, aku sebelumnya telah menonton Conan dan Kindaichi, juga Woodpecker's Detectives Office yang mana pendapatku terhadap mereka bisa dibaca di sini beserta opini lainnya.

Judul "Detektif" sangat menarik perhatianku dan mulai memancing untuk menontonnya. Singkat cerita, itu berawal dari episode pertama. Dan ya ... ada beberapa hal yang kusuka dan tidak suka.

Pertama, misteri sangat kurang. Aku mengira, sebagaimana yang telah kutonton sebelumnya, Detektif akan dihadapkan dengan kasus kejahatan, mengumpulkan pelaku atau menemuinya secara langsung untuk memecahkannya. Yang satu ini, sangat jauh berbeda. Kenapa? Baca aja terus.

Kedua, genre fantasi aksi yang tidak dicantumkan. Ayolah! Mana ada orang di dunia nyata, yang katanya manusia buatan dengan telinga bagai akar tumbuhan itu?! Pertarungan di pesawat, para penumpangnya lari ke mana coba? Ah, itu misteri pertama yang kutemukan. Serius, hampir setiap episode disuguhi dengan aksi pertarungan yang sedikit dibumbui fantasi, bahkan dongeng dan legenda.

Ketiga, enjoyable rom-com, not much enjoyable drama. Di beberapa titik, aku menyukai romansa yang mereka bawakan karena cukup ringan, masih belum macam-macam. Perkembangan cerita untuk bagian ini cukup bagus, dan karena itu aku tetap menonton, meski di-skip. Sayangnya, komedinya tidak begitu lucu, meski relatable bagi sekian orang.  Oh ya, di episode pertama, sambutan terhadap lore dari Kimizuka kurang bisa dikaitkan dengan segala hal lainnya. Sampai adegan di pesawat yang masih agak menggangguku walau cukup seru untuk ditonton.

Keempat, fan-service. Serius? Kalian cuman nunggu ini doang. Dari penggambaran karakter Siesta saja sudah begitu. Hadeh. Aku nungguin misterinya lo, belum berasa banget.

Kesimpulan. Aku mencoba mengambil teori. Misteri utama dari cerita ini adalah bagaimana setiap karakter yang muncul di tiap episodenya, terkait dengan SPES, dan penceritaannya sehingga dapat dikaitkan dengan bagaimana Siesta mati, bagaimana jantung dan matanya bisa berada di orang lain, dan bagaimana muridnya Charlotte, harus bisa menjelaskan semuanya. Ya, sebenarnya novel ringan yang menjadi sumber anime ini masih bersambung, masih berlanjut, jadi kalau mau membaca beberan alias spoiler bisa saja, tapi untuk ini, aku membenci spoiler.

Demikianlah pendapatku. Btw, ini masih memantau perkembangan anime sampai tamat ya. Semoga akhirnya memuaskanku, terutama misterinya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendapat Saya tentang Anime Kimi no Nawa

7 Tahun di WapBlog.ID